Program

Larasita

  EMAIL     PRINT


Larasita

Larasita adalah Layanan Rakyat Untuk Sertipikasi Tanah

Larasita merupakan Kantor Pertanahan bergerak yang mempunyai tugas pokok dan fungsi sama dengan tugas dan fungsi yang berlaku pada Kantor Pertanahan.  Selain tugas dan fungsi tersebut diatas Larasita juga memiliki tugas sebagai berikut :
a. Menyiapkan masyarakat dalam pelaksanaan pembaruan agraria nasional (reforma agraria).
b. Melaksanakan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat dibidang pertanahan.
c. Melakukan pendeteksian awal atas tanah-tanah terlantar.
d. Melakukan pendeteksian awal atas tanah-tanah yang diindikasikan bermasalah;
e. Memfasilitasi penyelesaian tanah bermasalah yang mungkin diselesaikan di lapangan;
f. Menyambungkan program Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat; dan
g. Meningkatkan dan mempercepat legalisasi aset tanah masyarakat.
 
 
Tujuannya :
  • Mendekatkan layanan pertanahan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan   pelayanan dan informasi pertanahan.
  • Mengurangi beban biaya transportasi masyarakat saat mendaftar dan mengambil sertipikat.
  • Menghilangkan campur tangan pihak ketiga yang berkaitan dengan pelayanan pertanahan yang disinyalir sebagai salah satu bagian yang turut merusak citra Badan Pertanahan Nasional.
  • Memberikan kepastian pelayanan pertanahan yang bertanggung jawab.
Mobil Larasita berfungsi sebagai loket pelayanan bergerak (mobile front office) dan kendaraan untuk kegiatan penyuluhan pertanahan, menerima pengaduan dan lainnya yang secara langsung dilayani oleh Petugas dari Kantor Pertanahan Kab.Serang.


Bagaimana anda bisa mendapatkan pelayanan dari Mobil Larasita..?
  • Anda dapat menghubungi Hotline Service No. 0254-212207 atau SMS ke No. 081 219 157 999.
  • Untuk permohonan pendaftaran sertipikat pertama kali-pengakuan/penegasan hak, diharapkan anda membentuk kelompok peserta sekurang kurangnya 25 orang calon pemohon sertipikat yang lokasi tanahnya berdekatan.
  • Kelompok Tani, Kelompok Usaha Kecil Menengah atau Koperasi dapat memanfaatkan layanan ini dengan calon pemohon sertipikat sekurang kurangnya 25 orang.
  • Setelah dilakukan verifikasi dan konfirmasi oleh Tim Pengendali Larasita, Tim Penyuluh Kantor Pertanahan Kab.Serang akan datang ke lokasi anda untuk memberikan penyuluhan dan penjelasan tentang tata cara pendaftaran dan persyaratan persyaratan.
  • Selanjutnya setelah diperkiraan segala sesuatunya siap, Mobil Larasita akan datang melakukan penerimaan pendaftaran permohonan yang telah disiapkan sebelumnya.

Bagaimana dengan Biaya ...Gratis atau ada Biaya ?

Tentu ada biayanya, tidak seperti Ajudikasi atau Prona, Pendaftaran melalui Mobil Larasita biayanya sama besarnya dengan apabila mendaftar di Kantor Pertanahan Kab.Serang yaitu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2002, hanya saja anda tidak perlu repot repot datang ke Kantor Pertanahan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya transport.

Permohonan apa saja yang dilayani oleh Mobil Larasita...?
  • Pendaftaran Tanah Pertama Kali- Pengakuan/Penegasan Hak
  • Peralihan Hak (balik Nama)
  • Perubahan Hak
  • Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah
  • Pemisahan Sertipikat
  • Pemecahan Sertipikat
  • Roya
  • dan lain lain.

Dasar Hukum Larasita : 

  • Undang Undang No. 5 Tahun 1960
  • Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997
  • Peraturan Menteri Negara Agraria / Ka. BPN No. 3 Tahun 1997
  • Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2002
  • Keputusan Kepala BPN No. 1 Tahun 2005
  • Undang Undang No. 11 Tahun 2008
  • Keputusan Kepala BPN RI No. 6 Tahun 2008
  • Peraturan Kepala BPN RI No.18 Tahun 2009

Larasita..............
Menjangkau Pelosok Wilayah........Melayani Masyarakat...........Mewujudkan Harapan......