Artikel

Membangun Layanan dan Sistem Informasi Pertanahan

14 February 2012 | 11:57  

  EMAIL     PRINT


       Terobosan pembangunan Larasita dimaksudkan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap BPN, mendekatkan pelayanan pertanahan ke semua masyarakat terutama yang secara geografis mempunyai kendala untuk mendatangi Kantor Pertanahan, menghilangkan peran pihak ketiga dalam pelayanan pertanahan, mengurangi terjadinya konflik pertanahan, mencapai target sertifikasi bidang tanah dan meminimalkan bias informasi pertanahan kepada masyarakat. Selain itu pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik, lebih mudah, dan terjangkau
 
 
        Oleh Kepala BPNRI diperintahkan semua Kantor Pertanahan mengembangkan program KKP (Komputerisasi Kantor Pertanahan). Begitu juga dengan Larasita harus dikembangkan dengan simultan
 
         
          Melalui KKP, Kantor Pertanahan tidak hanya memberikan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara online system, tetapi sekaligus juga membangun basis data digital.dengan program ini data pertanahan didigitalisasi antara lain seperti buku tanah, surat ukur, gambar ukur dan peta pendaftaran tanah. jika seluruh sistem ini tuntas diharapkan konflik atau sengketa pertanahan bisa ditekan secara signifikan, sebab semua data dan informasi akan tercatat dan terdata dengan rapi dan dapat diakses publik. Sejarah sebuah bidang tanah di suatu tempat akan terekam dengan baik dan diakses oleh siapa saja
         
         Kantor Pertanahan Kabupaten Magetan paham akan hal tersebut di atas, semoga segenap pimpinan dan karyawan dapat mewujudkannya.